Sabang, Aceh. Tujuan Pariwisata di Ujung Barat Indonesia - Raison D'être

Sabang, Aceh. Tujuan Pariwisata di Ujung Barat Indonesia

Titik 0 kilometer Indonesia, siapa sih yang tidak tahu 0 kilometer Indonesia? Mungkin ada yang sudah mengetahui titik 0 kilometer dan beberapa kurang mengetahui. Buat yang belum mengetahui, saya akan memberitahukannya pada tulisan ini. Titik 0 kilometer itu berada di Sabang. Nah, kalau disebutkan nama kota Sabang pasti sudah pada tahu semuanya. Masak iya orang Indonesia tidak tahu Sabang! Padahal Indonesia punya lagu Nasional "Dari Sabang Sampai Merauke". Berdasarkan lagu tersebut, kita juga dapat menyimpulkan kalau Sabang itu berada diujung Indonesia. Nah, Sabang memang merupakan kota yang terletak diujung barat Indonesia lebih tepatnya berada di pulau Weh dan termasuk dalam provinsi Aceh yang berada diujung pulau Sumatera.

Di Sabang ada wisata apa sih?

Sabang merupakan kota yang berada diujung barat Indonesia, pastinya ada sebagian orang kurang mengetahui tentang Sabang dan juga wisata apa yang dapat membuat orang tertarik pergi kesana, sehingga akan memunculkan pertanyaan "Di Sabang ada wisata apa sih?". Disini saya akan memberitahukan wisata apa saja yang menarik untuk dikunjungi jika berwisata ke Sabang.

Tugu Nol Kilometer

Picture by www.google.com
Seperti yang saya bilang sebelumnya, Sabang merupakan tempat titik 0 kilometer Indonesia yang berada diujung barat Indonesia, maka dari itu disana didirikanlah Tugu Nol Kilometer Indonesia sebagai penanda geografis Indonesia yang terletak sekitar 30 kilometer dari kota Sabang. Tugu Nol Kilometer ini merupakan salah satu objek wisata yang paling dicari-cari wisatawan. Coba saja bayangkan kalau kita bisa berdiri dititik 0 kilometer Indonesia, pasti ada perasaan tersendiri bagi tiap orang jika bisa menginjakkan kaki disana. Terlebih lagi disana juga menyediakan sertifikat bahwa kalian adalah orang ke sekian yang bekunjung kesana. Waw, pastinya membuat perasaan yang terkagum jika nama kita dapat dituliskan pada sebuah sertifikat dan juga pastinya bisa membuat orang lain merasa iri kepada kita dan membuat orang lain juga ingin mengunjungi kesana. Jika kita di Tugu Nol Kilometer ini kita juga dapat melihat

Pantai Iboih

Picture by www.google.com
Pantai Iboih merupakan salah satu pantai di Sabang yang banyak diminati wisatawan. Pantai ini terletak tidak jauh dari Tugu Nol Kilometer jadi wisatawan yang berada di Tugu Nol Klimoter dapat sekalian menuju Pantai Iboih. Daya tarik di pantai ini adalah keindahan pemandangan disekitar dan juga yang paling menarik adalah wisata bawah lautnya karena ombak di pantai ini yang cukup tenang. Wisata bawah laut inilah yang katanya surga bawah laut diujung barat Indonesia. Disana pengunjung tidak perlu bingung bagaimana caranya bisa melihat bawah laut karena disana ada kapal-kapal nelayan yang dapat mengantarkan kita ke spot-spot yang digunakan menyelam. Pengunjung juga tidak perlu bingung mencari peralatan renang karena disekitar pantai telah menyediakan tempat penyewaan peralatan snorkling maupun diving.

Pantai Gapang

Picture by www.google.com
Pantai Gapang ini terletak tidak jauh dari Tugu Nol Kilometer dan juga pantai Iboih. Pantai ini juga tidak kalah bagus nya dari pantai Iboih karena pantai Gapang ini juga termasuk pantai yang diminati oleh wisatawan. Di pantai ini kita juga akan disuguhkan dengan keindahan pantai dan juga laut lepas secara langsung, berbeda dengan pantai Iboih yang terhalang oleh pulau Rubiah. Sama halnya di pantai Iboih, disekitar pantai Gapang juga terdapat tempat-tempat penyewaan alat snorkling maupun diving. Dari kedua pantai antara Pantai Gapang ataupun pantai Iboih, pengunjung dapat memilih salah satu ataupun memilih  untuk mengunjungi kedua pantai tersebut karena memang mempunyai keindahan yang sama dan juga letaknya yang tidak berjauhan.

Pulau Rubiah

Picture by www.google.com
Pulau Rubiah, pulau ini berada disebelah barat dari pulau Weh yang juga masih termasuk bagian dari Sabang. Pulau ini juga menjadi destinasi favorit untuk pengunjung. Keindahan yang disuguhkan oleh pulau ini adalah keindahan bawah lautnya yang masih alami sehingga pengunjung dapat merasakan sensasi taman didasar laut. Pulau dengan luas sekitar 2600 hektar ini mampu membuat wisatawan untuk berlama-lama disana. Untuk menuju pulau ini tidaklah susah, pengunjung dapat naik perahu ada dipantai Iboih.

Wisata bahari yang saya sebutkan itu masih beberapa wisata bahari yang ada di Sabang dan juga belum lagi wisata-wisata lain karena masih banyak lagi destinasi wisata di Sabang. Di Sabang sendiri pada tahun 2015 telah diadakan kegiatan Sabang Marine Festival yang bertujuan untuk memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang pada dunia internasional. Pada tahun 2016, Sabang Marine Festival diselenggarakan lagi pada tanggal 26-30 April.

Wisata diatas hanyalah sedikit wisata yang ada di Sabang, jadi tidakkah wisata diatas membuat kalian tertarik berwisata ke Sabang dan penasaran wisata apa saja yang ada di Sabang selain itu? Jika kalian penasaran, persiapkan lah untuk segera pergi kesana.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Campuranz Blogger Templates