Berharap Camping Ceria di Manglayang - Raison D'être

Berharap Camping Ceria di Manglayang

Waktunya nulis lagi nih. Dari dulu tulisan gua agak kaku keliatannya, sekarang tulisan gua bikin non formal aja lah biar agak enjoy kalo baca nya. Gak usah kelamaan ngomong ah, langsung aja gua ceritain pengalaman gua waktu nanjak di Manglayang.

Berangkat ke Manglayang

Waktu itu kebetulan pas long weekend, tanggal 6 Mei 2016 gua berangkat naik di gunung Manglayang bareng temen-temen gua. Gua berangkat bareng sama temen-temn gua antara lain Bayok, Wingko, Ozi, Deny, dan Anjar. Planning naik ke Manglayang udah kita persiapin beberapa hari sebelumnya dan kita pun juga udah cari-cari info di internet. Akhirnya kita putuskan akan naik gunung Manglayang lewat jalur Barubereum,

Perjalanan kami menuju Barubereum sekitar 2,5 jam an karena kami belum pernah kesana. Kami start dari kontrakan kami ynag berada di Bojongsoang pukul 15.00 sore. Sampai di Jatinangor sekitar pukul 15.45. Di Jatinangor kami mencari ayam dulu karena kami cari di Bandung sudah kehabisan dan akhirnya di Jatinangor kami beli ayam di warung. Setelah dapat ayam, kami melanjutkan perjalanan kami menuju arah Kiarapayung karena jalur pendakian Barubereum berada di wilayah Kiarapayung.

Jalan dari Jatinangor menuju Barubereum tidak terlalu sulit dicari, dari ITB Jatinangor kita hanya perlu menuju ke arah utara dengan jalan naik terus keatas. Dari Jatinangor menuju Barubeureum sekitar 1,5 jam an karena gw dan temen-temen gw belum tahu jalan. Jalan menuju Barubereum awal nya masih jalan aspal kemudian setelah mendekati pos pendakian mulailah jalan berubah menjadi jalan-jalan berbatu hingga pos pendakian.

Pukul 17.30 gw dan temen-temen gw sampai di pos pendakian Barubereum. Kemudian kami istirahat sebentar sekalian menunggu maghrib karena waktu udah hampir masuk maghrib. Sebelum melakukan pendakian, gw dan temen-temen sholat terlebih dahulu karena sudah maghrib dan juga mengisi air untuk keperluan pendakian. Pukul 18.30 gw dan temen-temen mulai ngedaki dan seperti biasa sebelum melakukan pendakian gw berdoa bersama temen-temen.

Track awal yang kami lalui seperti jalur-jalur pendakian gunung lain yaitu masih cukup landai. Sekitar 30 menit an gw dan temen-temen jalan, jalan pun akhir nya mulai menanjak terus dan cukup terjal. Di tambah lagi track yang sangat licin karena sebelumnya habis diguyur oleh ujan membuat jalan gw dan yang lainnya agak merosot-merosot. Tanjakan pun mulai tiada ampun sehingga membuat Bayok yang sebelumnya ceria mulai mengganti wajahnya dengan wajah-wajah orang putus asa tanpa ada senyum di wajah. Terlebih lagi track yang kita lewati tidak se ringan bayangan dipikiran kami semua. Bayok pun yang mengira track tidak bakal se berat ini akhirnya mulai merasa ini bukan camping ceria karena awalnya kita menginginkan camping dengan medan track yang ringan. Ya kalo gw pikir, namanya gunung ya kayak gini nih.

Jalan pun masih terus menanjak dengan jalan yang licin dan suatu ketika ada tanjakan yang tanahnya sangat rata dan tidak ada tempat untuk kaki berpijak sehingga lumayan sulit untuk didaki karena licin, mungkin kalau tidak licin tidak terlalu sulit. Akhirnya kami berjalan satu persatu untuk melewatinya dan tibalah giliran Bayok jalan. Bayok pun jalan perlahan-lahan dan akhirnya bayok sudah jalan menanjak sekitar 3 meter an dan naas nasib Bayok yang akhirnya harus terperosot kebawah lagi. Dan kebetulan saat itu di belakang Bayok ada Ozi kemudian gw yang paling belakang. Terperosotnya Bayok bagaikan mainan yang meluncur dengan kencang yang kemudian meneros penghalang yang ada. Ketika Bayok terperosot pertama ditahan oleh Ozi namun akhirnya Ozi pun ikut terperosot juga dan terakhir tibalah giliran gw untuk menahan mereka berdua, namun apa yang terjadi?!? Gw akhirnya tumbang juga dan untung nya dibelakang gw ada pohon yang cukup kuat sehingga kami bertiga dapat tertahan disana dan tidak terperosot lebih jauh lagi. Entah apalah yang bakalan terjadi kalo gak ada pohon dibelakang gw. Paling gw bertiga bakalan perosotan sampe bawah dah. Dan dari kejadian ini yang buat gw ingin ketawa adalah ekspresi Bayok yang tidak ketakutan ataupun berteriak dan sebagainya ketika terperosot, namun ketika Bayok terperosot ekspresi wajah nya hanyalah tapres dan pasrah.

Setelah kejadian perosotan tersebut, wajah Bayok pun mulai menunjukkan wajah orang yang semakin putus asa sampai suatu ketika Bayok bilang, "Mending munggah Papandayan, paling gak bakal koyok ngene dalane"(Artinya: "Mending naik Papandayan, paling gak bakal seperti ini"), sambil  menyalahkan Deny karena ini adalah usulan Deny untuk naik Manglayang.

Akhirnya pukul 21.30 gw dan temen-temen sampai dipuncak bayang yang menjadi tujuan tempat camp kita. Sampai dipuncak bayangan ternyata sudah cukup banyak pendaki yang mendirikan camp dan untungnya kita masih dapet tempat untuk mendirikan 2 tenda kemudian lagsung lah kami begegas mendirikan tenda. Selesai mendirkan tenda kami langsung membuat api untuk membakar ayam yang telah kami persiapkan. Ternyata lama juga kita menyalakan api padahal udah bawa arang dan juga spirtus.

Setelah arang menjadi bara, kita lagsung bersiap mengambil bagian ayam masing-masing dan membakarnya. Untungnya gw dan temen-temen udah bontot nasi dari kontrakan jadi setelah ayam bakar siap tinggalah kita menyantapnya dengan nasi bontotan kami. Wah, emang top dah makan ayam bakar di gunung rame-rame bareng temen. Inilah yang paling gw suka dari naik gunung, yaitu kebersamaan bareng temen.

Selesai makan, kita ngopi dan ngobrol-ngobrol sambil bercanda-canda. Padahal Bayok yang tadinya selama perjalanan naik udah gak bisa ketawa dan gak bisa diajak bercanda akhirnya udah bisa cekakaan lagi pas udah camp dipuncak bayangan. Akhirnya camping kita semua bener-bener jadi camping yang ceria.

Camp di puncak bayangan

Menuju Puncak

Pukul 06.00 gw gw dibangunin Bayok dan Deny tapi gw masih agak ngantuk dan masih mager buat bangun jadi gw pilih buat tidur lagi. Kemudian gw bangun lagi sekitar pukul 06.45. Setelah gw bangun ternyata Bayok, Deny, Anjar udah foto-foto cari sunrise. Stelah gw bangun, akhirnya gantian gw, Wingko, dan Ozi foto-foto juga deh.

Foto-foto dipuncak bayangan

Selesai kita semua foto-foto, waktunya sarapan buat kita. Pagi ini, kita sarapan mie kuah aja gak pake lauk. Ya emang kita cuma persiapan miedoang soalnya juga cuma semalem doang di Manglayang.Seesai sarapan gw dan temen-temen berangkat menuju puncak Manglayang dan mennggalkan barang-barang didalem tenda.

Lupa jam berapa gw dan temen-temen naik ke puncak yang jelas dari puncak bayangan sampe puncak sejam kurang aja. Dipuncak kita beristirahat dan seperti biasa kita semua pada foto-foto mumpung ada dipuncak. Ternyata puncak Manglayang cukup luas dan tertutup oleh pepohonan. Di puncak juga terdapat sebuah makam, tapi gak tau juga makam siapa.

Puncak Manglayang

Kurang lebih setengah jam an gw dan temen-temen dipuncak, setelah itu kita langsung turun lagi ke puncak bayangan buat packing. Setelah kita packing semua peralatan dan juga cleaning sampah, kita langsung turun kebawah ke pos pendakian.

Sampai di pos pendakian, kita makan-makan dulu di warung sambil ngopi juga pastinya. Kemudian sekitar pukul 14.00 kita kembali menuju Bandung dan sampai dengan selamat di konrakan lagi sekitar pukul 16.00.