Tips Hemat Mahasiswa - Raison D'être

Tips Hemat Mahasiswa

Buat para sobat-sobat mahasiswa, pastinya lo semua yang mungkin kebanyakan baru pertama kali hidup jauh dari orang tua dan mesti ngatur segala sesuatunya  secara mandiri, mungkin untuk awal di dunia mahasiswa pasti lo agak kesusahan mengatur sendiri dan salah satu yang mungkin bikin lo susah ngatur adalah keuangan. Kali ini, gw mau berbagi sedikit tips untuk berhemat ala mahasiswa yang gw lakuin. Mungkin bagi beberapa orang yang yang punya uang banyak gak terlalu butuh cara hemat, tapi yang berkecukupan mungkin akan membutuhkan cara berhemat. Tapi ingat, hemat bukan berarti pelit. 

Langsung aja, gw bagi tips hemat mahasiswa ala gw sendiri.

1. Utamakan Kebutuhan Utama

Picture by Google

Bagi lo yang dulunya selalu tinggal bareng orang tua dan bisa selalu minta ini itu, di kuliah mungkin kalian tidak bisa sering untuk meminta ini itu, terlebih lagi bagi lo pada yang kuliah nya udah ngeluarin cukup banyak duit orang tua, pastinya lo merasa gak enak buat minta ini itu sama orang tua, kecuali kalo orang tua kalian emang banyak duit dan juga kalo lo yang gak punya rasa malu atau kasian buat minta uang mulu sama orang tua lo pada.

Pertama-tama lo mesti pada dahuluin kebutuhan utama lo. Seperti halnya yang paling utama adalah makan pasti kebutahan utama lo, ya kali lo mau kagak makan sama sekali, yang ada lo mah orang tua lo dapet kabar berita duka, tapi naudzubillah jangan sampe lah. Itu salah satu doang yang gw sebutin, mungkin dari lo lo pada ada kebutuhan utama yang lainnya lagi. Nah setelah udah lu dahuluin kebutuhan utama lo pada, sisa duit dari kebutuhan utama lo itu bisa lo tabung untuk lo gunain hal-hal yang lain misal buat jalan-jalan atau shopping atau apalah yang ingin lu lakuin pake duit itu.

Itu adalah tips pertama yang gw lakuin, terus ada tips-tips lagi yang gw lakuin buat hemat duit gw.

2. Kurangin Makan atau Jajan

Picture by Google

Maksud dari kurangin makan atau jajan adalah gw biasa bikin patokan berapa duit yang mesti gw pake makan dalam sehari dan juga kurang-kurangin jajan gw dari pada duit duit gw abis cuma buat makan dan jajan doang. "Hidup bukan untuk makan, tapi makan untuk hidup", itu adalah salah satu prinsip yang gw gunain.

Jadi dalam ngurangin makan, gw sehari makan cuma 2 kali sehari, tapi inget biarpun gw makan 2 kali sehari tetep gw harus ngimbangin dengan makanan yang bergizi dan sesuai kebutuhan tubuh gw. Tapi klo lo yang kagak bisa makan 2 kali sehari dan biasa mesti makan 3 kali sehari no problem lah, yang penting bisa lo patok sendiri lah berapa duit sehari yang mesti lo keluarin buat makan ya sesuai dengan bulanan yang lo dapet. Kalo gw sih gw patok sehari 20 rebu buat sekali makan. Kalo lo pengen biar bisa irit, enak lo masak sendiri jadi lo beli bahan makanan bisa lo pake beberapa kali makan. Gw tekanin sekali lagi untuk hemat masalah makan ini, sesuain dengan gizi kebutuhan lo, jangan terlalu irit-irit banget soalnya nanti bisa berakibat fatal. Soalnya gw sendiri juga udah pernah ngalamin yang namanya sakit gara-gara pola makan gw karena demi ngirit tapi setelah belajar dari itu, alhamdulillah gw udah bisa ngatur kebutuhan makan gw seminim mungkin tanpa mengurangi gizi untuk tubuh gw dan jangan sampe kejadian itu kejadian sama lo pada. 

Gw juga mau cerita dikit, gw punya temen sebut saja Mawar namanya, hehe. Si Mawar itu masalah makan dia irit banget, tapi kalo gw pikir-pikir iritnya emang kebangetan deh dan yang gw ngerti si Mawar itu beberapa hari makan nasi-terong nasi-terong mulu yang akibatnya dia juga kena tipes atau maag, lupa gw. Yang jelas gara-gara pola makannya, ya alhamdulillah nya gw dulu sakit gak sampe kayak gitu. Dan tambahan lagi, kebanyakan mahasiswa juga sering makan mie instan terlebih lagi buat tanggal-tanggal tua, ya maklum namanya juga anak kosan soalnya gw sendiri kadang juga gitu, hehe. Tapi yang penting gak terlalu sering dan kebanyakan makan mie instan soalnya gw ada tmen juga sebut saja Melati namanya, dia sering makan mie instan dan persedian mie instan si Melati itu gak nanggung-nanggung beberapa mie instan, tapi langsung sedus dan si Melati itu sering banget makan mie instan dan padahal dia juga punya maah sehingga suatu saat si Melati itu pun harus berbaring di rumah sakit gara sering makan mie instan salah satu nya. So, buat lo lo pada yang mau irit masalah makan gw pesenin, irit boleh tapi jangan kelewat bates aja. Sayangin diri lo, lo jauh dari orang tua lo terus ntar kalo lo sakit kan susah juga.

Buat masalah kurangin jajan, ya sama juga atur-atur sendiri aja lah. Jajan gak masalah, tapi kalo lo mau irit ya kurang-kurangin jajan lo biar bisa lo tabung.

3. Mencuci Sendiri

Picture by Google

Tips hemat yang satu ini gw rasa juga cukup berpengaruh buat hemat, tapi kalo buat lo pada gak tau juga. Nyuci sendiri ini seperti nyuci pakaian ataupun kendaraan kalian. Selama kuliah, gw sangat jarang sekali nyuci pakaian di laundry ataupun nyuci kendaraan gw di tempat cuci. Gw nge-laundry pakaian atau nyuciin kendaraan gw kalo emang bener-bener pas lai sibuk dan gak ada waktu buat nyuci sendiri barulah gw cuciin ke yang berwajib, hehe. Satu semester bisa dihitung lah cuma 1 atau 2 kali doang gw nge-laundry pakaian gw, selebihnya jelas gw cuci sendiri.

Gw kasih gambaran sedikit, laundry 1 kilo biasanya kurang lebih 5 rebu dan kalo sebulan bisa nge-laundry sampe 5 kilo, jadinya lo sebulan kan udah abis 25 rebu sebulan cuma buat nyuci pakaian lo doang. Nha kalo lo sebulan bisa nge-laundry lebih dari 5 kilo tinggal lo kaliin aja sama 1 kilo nge-laundry nya kan lumyan banyak juga. Lain cerita kalo lo sering make pakaian lo berkali jadi yang lo laundry dikit. Tapi ya jorok juga juga sih kata gw, ya suka-suka lo aja kalo lo emang kebiasaan jorok. Kalo gw mah ogah, mending gw nyuci pakaian gw sendiri, sebulan buat beli deterjen sekitar 15 rebu udah cukup buat nyuci pakaian kotor gw malah masih ada lagi kok deterjen yang lebih murah kalo lo mau nyari.


Gw rasa 3 tips yang gw lakuin itu udah cukup kok buat hemat dan nabung. Apalagi gw orang nya suka jalan-jalan an suka naik gunung, dengan 3 tips yang gw lakuin alhamdulillah udah bisa gw pake ngelakuin apa yang ingin gw lakuin.

Reminder: Irit atau hemat bukan berarti kita pelit. Tetep jangan lupa lo mesti infaqin atau sodaqohin sebagian dari duit lo. Seperti di Al-Qur'an surat Saba' ayat 39 : "...Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki terbaik". So, lo gak usah khawatir dah kalo duit lo infakin bakalan bikin abis. Allah pasti ngegantinya, sekalipun di dunia belum dibales, Allah pasti ngegantinya ntar diakhirat. (Wess, sok dah kayak ustad. Hehe)

Ya gw rasa ini sedikit tips yang bisa gw bagiin ke lo pada, mudah-mudahan bisa manfaat buat lo pada. Dan kalo ada tips-tips dari lo pada yang ingin nambahin, tambahin aja di kolom komentar, sok weh lah. Bagi-bagi ilmu itu pahala bray.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2012 Campuranz Blogger Templates